Inilah Jenis Bambu Yang Dapat Dijadikan Kerajinan

Pusat Kerajinan Bambu Terbaik di Tangerang
Oktober 15, 2019
Seminar & Workshop
Oktober 17, 2019

Inilah Jenis Bambu Yang Dapat Dijadikan Kerajinan

Pusat Kerajinan Bambu Tangerang – Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Di Indonesia sendiri, bambu merupakan salah satu tanaman yang sering kita jumpai. Dari banyaknya bambu yang ada di Indonesia, banyak sekali yang memanfaatkannya untuk berbagai keperluan seperti kerajinan, dibuat kerangka bangunan dan lainnya.

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu manfaat bambu sebagai bahan baku kerajinan. Banyak jenis bambu yang ada di Indonesia, namun tidak semuanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan dikarenakan kualitas bambu yang berbeda-beda. Dilihat dari kualitas bambu, terdapat 2 jenis bambu yang dapat digunakan sebagai bahan baku kerajinan.

  1. Bambu Tali (Gigantochloa apus)

Bambu tali dikenal juga dengan nama bambu apus, pring tali, atau awi tali. Kalau dilihat dari bentuk tanamannya, bambu tali membentuk rumpun yang rapat dan dapat tumbuh hingga 20 meter.

Alasan bambu tali digunakan sebagai bahan kerajinan tangan adalah, karena bambu tali memiliki batang yang kuat, lurus, dan juga liat (lentur). Karena kualitasnya yang bagus, bambu jenis ini juga dimanfaatkan sebagai bahan baku alat musik.

  1. Bambu Wulung (Gigantochloa atroviolacea)

Bambu wulung disebut juga bambu hitam, pring wulung, pring ireng, atau awi hideung kalau di Sunda. Sudah jelas dong, bambu wulung memiliki warna yang agak kehitaman.

Di daerah Jawa Barat, kita mengenal alat musik angklung. Nah, tahukah kamu, bahwa bahan baku pembuat angklung adalah bambu wulung? Selain angklung, alat musik gambang dan calung juga dibuat dengan bambu wulung.

Di samping itu, bambu wulung dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan mebel dan bahan kerajinan tangan lainnya. Pernah melihat jenis anyaman bambu yang memiliki corak anyaman gelap dan terang? Nah, corak anyaman yang gelap itu adalah jenis bambu wulung

Itulah 2 jenis bambu yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan jika dilihat dari segi kualitas bambunya. Namun, bukan berarti jenis bambu lainnya tidak bisa dibuat kerajinan akan tetapi hasil yang diperoleh kualitasnya berbeda dengan kedua jenis bambu diatas.

topibambu.id merupakan salah satu produsen kerajinan dari bambu yang berlokasi di Tangerang. Kami menyediakan berbagai kerajianan bambu seperti topi, tas, kopeah, keranjang, dan anyaman. Selain itu, kami juga menyediakan layanan kursus dan pelatihan untuk Anda yang ingin belajar membuat kerajinan dari bambu. Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi kontak kami yang tertera di bawah ini.

: Jl.Raya Serang KM 15 RT 01/01 Desa Cikupa Kec.Cikupa Kab.Tangerang Prov Banten 15710
: +6281385137473
: +6281385137473
: info@topibambu.id

TELEPHONE